News

53 Organisasi yang Berpengaruh dalam Perkembangan Startup Sosial di Indonesia



Ikhtisar
  • Dalam daftar ini, kamu akan menemukan berbagai organisasi yang mendukung perkembangan startup sosial di tanah air, mulai dari VC, pemerintah negara asing, co-working space, hingga tokoh berpengaruh.

Saat ini, banyak orang membicarakan tren startup sosial yang kian berkembang di Indonesia. Namun, hanya sedikit dari mereka yang mengetahui bagaimana cara untuk mulai menjalankan startup bermisi sosial tersebut di tanah air, dan siapa yang harus mereka temui.

Karena alasan tersebut, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN)dan UNDP pun merilis artikel ini agar kamu bisa mengenal organisasi-organisasi yang berperan penting dalam perkembangan startup sosial di Indonesia. Organisasi-organisasi ini mempunyai reputasi yang kuat, karya yang nyata, serta bisa mendukung perkembangan startup kamu.

52 Startup Sosial Infografis 3

Daftar ini tentu merupakan sesuatu yang subjektif, dan hanya merupakan titik awal. Pasti ada banyak organisasi lain yang luput kami cantumkan atau belum pernah kami temui. Kami akan merilis daftar terbaru yang fokus pada wilayah Bali / Timur Indonesia, Jawa, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara!

Catatan: daftar di bawah ini disusun berdasarkan urutan alfabet.


Impact Investor

Impact Investor | Laporan ANGIN

Sekumpulan investor yang tidak hanya mengincar keuntungan finansial, namun juga berniat memberikan dampak yang baik di tanah air. Mereka mempunyai akses ke banyak startup, serta mengerti cara menghitung valuasi. Kamu bisa belajar banyak hal dari mereka!

Aavishkaar

Aavishkaar merupakan investor yang berasal dari India dengan rekam jejak yang baik serta memiliki tim yang berpengalaman. Tim lokal mereka berbasis di Bali, namun mereka juga mempunyai koneksi yang luas di seluruh Indonesia. Silakan bertemu Pak Ade untuk mengenal Aavishkaar lebih jauh.

Garden Impact

Meski masih cukup baru di Indonesia, namun investor yang berasal dari Singapura ini telah menunjukkan komitmen mereka dalam membantu beberapa perusahaan bermisi sosial di tanah air. Jika ingin menghubungi Garden Impact, bicaralah pada Mason.

Patamar Capital

Sebelumnya, Patamar Capital dikenal dengan nama Unitus Impact. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini telah mendanai empat perusahaan di tanah air. Bahkan, salah satunya telah exit (sesuatu yang jarang terjadi).

Selain itu, mereka juga mempunyai dana investasi khusus untuk founder wanita, yang bernama Investing in Women Fund. Dana investasi tersebut mereka buat bersama pemerintah Australia. Silakan bertemu dengan Dondi dan Ellen untuk berdiskusi lebih lanjut.

Root Capital

Root Capital memang tidak terlalu terkenal di kalangan founder startup, namun mereka telah mempunyai rekam jejak yang baik dalam memberikan pendanaan kepada bisnis pertanian di tanah air. Mereka juga bisa memberikan pelatihan teknis untuk kamu. Temuilah Luke jika ingin berkenalan dengan mereka.


Perusahaan Modal Ventura (VC)

Pendanaan Startup uang Vertex Ventures

Beberapa orang mungkin meragukan pentingnya VC dalam mendanai startup sosial. Namun VC tetap mempunyai andil besar dalam pendanaan startup yang secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak sosial yang baik. Mereka biasanya tidak terlalu memikirkan istilah startup sosial, namun mereka mempunyai pengetahuan dan wawasan yang berharga terkait perkembangan startup di seluruh Indonesia.

500 Startups

Hadir dari Silicon Valley, 500 Startups terkenal dengan jumlah portofolio yang banyak dan tersebar di seluruh dunia. Mereka pun mempunyai beberapa dana investasi untuk masing-masing wilayah, dan fokus yang kuat untuk membangun ekosistem startup di tiap wilayah tersebut.

Mereka telah memberikan pendanaan kepada beberapa startup sosial di Indonesia, dan memiliki hubungan yang baik dengan para pemain lokal.

Angel Investment Network Indonesia (ANGIN)

ANGIN adalah jaringan angel investor terbesar di Indonesia. Mereka merupakan pionir pembuatan dana investasi khusus untuk perempuan, dan memberikan pendanaan kepada beberapa startupsosial, baik yang berbasis teknologi maupun tidak.

Tim ANGIN mempunyai hubungan erat dengan pemerintah, perusahaan swasta, dan organisasi sosial, dalam mengembangkan program-program yang mempunyai dampak positif untuk masyarakat. Mereka pun melakukan beberapa riset tentang perkembangan startupsosial di tanah air. Simak laporan terbaru mereka di tautan berikut.

East Ventures

Salah satu VC yang pertama hadir di Indonesia, dan masih aktif hingga sekarang. East Ventures mempunyai cukup banyak startup sosial di dalam portofolio mereka, serta mempunyai tim yang sangat aktif hadir di berbagai event yang mendukung agenda perkembangan startupsosial.

Sovereign Capital

VC ini berusaha menghubungkan pasar Amerika Serikat dan Indonesia, serta telah memberikan pendanaan kepada beberapa startup sosial. Baru-baru ini Sovereign Capital menjalin kemitraan dengan SEAF dan Investing in Women untuk mendukung perempuan yang mendirikan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).


Organisasi Pendukung Perkembangan Startup

Kondisi Inkubator dan Akselerator Indonesia | Featured

Di sini kami menjelaskan tentang inkubator, akselerator, dan program-program sejenis yang dibuat untuk membantu para founder dalam mengembangkan startup mereka. Organisasi ini mempunyai fokus dan layanan yang beragam, mulai dari inkubator tahap awal hingga program-program yang bertujuan untuk mendorong IPO.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang organisasi-organisasi seperti ini, silakan simak laporan terbaru ANGIN tentang mereka di tautan berikut.

Ashoka

Ashoka adalah jaringan internasional yang dibuat khusus untuk founder startup sosial. Mereka telah membantu perkembangan perusahaan bermisi sosial di tanah air sejak tahun 1983. Meski kurang begitu aktif selama dua tahun terakhir, mereka masih memiliki daftar para founder startup sosial yang pernah mengikuti program mereka.

Endeavor

Endeavor adalah tempat di mana kamu bisa menemukan mentor hebat dan koneksi dengan perusahaan besar. Mereka biasa membuat sesi mentoring dalam skala besar, sehingga kamu bisa mendapat akses terhadap calon karyawan, startup sosial menarik, serta pemain lokal lain. Mereka pun mempunyai tim dengan koneksi yang luas di tanah air. Temui Sati dan Bambang untuk informasi lebih lengkap.

Kinara Indonesia

Mereka adalah salah satu pionir di ekosistem startup sosial tanah air. Mereka pernah membangun co-working space pertama di Jakarta, akselerator untuk entrepreneur perempuan, hingga lembaga investasi startup tahap awal. Hubungi Fajar atau Dondi untuk mempelajari lebih jauh tentang aktivitas Kinara.

Instellar

Mereka juga merupakan salah satu pionir di Indonesia. Instellar mendukung perkembangan founder startup sosial tahap awal dengan program inkubasi, konferensi, dan workshop. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi Romy.


Tokoh Penting

Founder Market Fit | Featured

Di bawah ini adalah beberapa individu di tanah air yang merupakan pebisnis sosial sukses, dengan koneksi yang luas. Ajak mereka untuk bertemu sambil minum secangkir kopi, serap pengetahuan mereka, dan bersiaplah untuk berdiskusi mengenai bisnis sosial dan dampaknya untuk masyarakat.

Ayu Azalea

Ayu adalah co-founder dan CEO dari Du’Anyam, perusahaan yang memberdayakan perempuan untuk memproduksi kerajinan tangan. Lewat perusahaan tersebut, ia berusaha memperbaiki kesehatan ibu hamil dan kesehatan anak di kawasan pedesaan.

Ia menggabungkan pengalamannya di bidang kesehatan dan ketertarikannya di dunia bisnis untuk membuktikan bahwa misi sosial bisa dibangun menjadi model bisnis yang baik. Dia juga mempunyai pengetahuan yang baik dalam menjalankan bisnis di kawasan timur Indonesia.

Helianti Hilman

Helianti adalah founder dari Javara, sebuah perusahaan produk pangan premium di Indonesia. Ia memiliki pengetahuan yang luas tentang bisnis pertanian, dan salah satu founder startup sosial yang berhasil mengembangkan bisnisnya dengan baik. Ia adalah salah satu orang yang harus kamu temui di Jakarta.

Timmy dan Vikra

Mereka berdua adalah founder dari KitaBisa, sebuah platform crowdfunding khusus untuk bantuan sosial. Keduanya merupakan salah satu founder startup sosial pertama yang berhasil mendapat pendanaan. Mereka dianggap sebagai sumber inspirasi oleh banyak anak muda di Indonesia. Mereka adalah sumber informasi yang baik dalam hal pembiayaan sosial di tanah air.

Veronica Colondam

Beliau adalah founder dan CEO dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Ia mempunyai pengetahuan yang luar biasa banyak dalam hal startup sosial, pendidikan, dan pengembangan anak muda di Indonesia. Ia merupakan tokoh kunci dan mentor yang baik di dunia startup sosial tanah air. Baru-baru ini, ia telah meluncurkan sebuah dana investasi bernama YCAB Ventures.


Co-Working Space

Co-working Space | Illustration

Saat ini, banyak sekali co-working space yang bermunculan di Jakarta. Sekali saja kamu mengunjungi sebuah co-working space yang populer, maka kamu akan langsung bisa melihat banyak enterpreneur, serta karyawan perusahaan besar yang ingin mendekati para founder startup.

Menghubungi beberapa co-working space tersebut bisa memudahkan kamu dalam bertemu dengan para pemain di ekosistem startup sosial tanah air.

Block71 Jakarta

Berawal dari Singapura, Block71 kini telah hadir di tanah air berkat kerja sama mereka dengan Salim Group. Mereka telah mendukung beberapa startup sosial seperti 8Villages dan E-Fishery, serta mengadakan acara-acara startup seperti Future Agro Challenge. Silakan temui Tinnike Lie di sana.

EV Hive (sekarang bernama Cocowork)

EV Hive adalah co-working space dengan jumlah lokasi terbanyak di Indonesia. Dengan lebih dari 20 lokasi, mereka telah bermitra dengan banyak pemain penting di ekosistem startup tanah air dalam membuat event menarik. Temui Elisa untuk informasi lebih lanjut.

Greenhouse

Seperti namanya, Greenhouse merupakan co-working space yang mendorong perkembangan industri ramah lingkungan di Jakarta. Mereka mengadakan beberapa event startup, serta bisa membantu perusahaan asing yang ingin masuk ke pasar Indonesia.

Impact Hub Jakarta

Bersama dengan Coworkinc, salah satu co-working space yang berlokasi di Kemang, Impact Hub Jakarta berusaha memfasilitasi founder startup sosial di Jakarta untuk bisa mendapat pengetahuan dan memperluas jaringan. Jika kamu tengah menjalankan startupsosial atau hanya ingin tahu tentang bisnis bermisi sosial, mereka punya banyak event yang bisa kamu hadiri. Cari saja Steph atau William.


Acara startup

TIA PDC 2017 Day 1 | Photo

Mungkin kamu hanya punya waktu beberapa hari untuk singgah di Indonesia, lalu bagaimana kamu bisa bertemu dengan banyak tokoh penting dan menggali pemahaman mereka dalam waktu singkat? Jawabannya tentu dengan hadir di event startup. Untungnya, ada beberapa event tahunan yang bisa kamu datangi di tanah air. Silakan beli tiketnya dan ikut bersosialisasi.

ARISE

Dipimpin oleh UnLtd dan Instellar, ARISE adalah acara lokal di Jakarta yang menghadirkan konten-konten menarik serta kesempatan untuk mendapat koneksi baru. Hubungi Romy agar kamu tidak ketinggalan untuk menghadiri acara mereka selanjutnya.

AVPN Conference

Konferensi ini merupakan kesempatan emas bagi investor untuk bisnis sosial di Asia bertemu. Setiap tahunnya, mereka menghadirkan beberapa jenis program, mulai dari diskusi panel, dialog singkat, workshop, hingga sesi berbagi deal investasi.

Sankalp Forum

Dibuat oleh Intellecap, forum ini merupakan salah satu event startupsosial terbesar di Jakarta. Ini adalah tempat yang baik untuk bertemu dengan para pemain lokal dan mengetahui proyek yang tengah mereka kerjakan.

TBN Conference

Salah satu event terbaru yang dibuat di Jakarta. Acara yang diadakan oleh Garden Impact ini berusaha mempertemukan para pemain dari dalam dan luar Indonesia untuk berdiskusi dan memperluas jaringan. Silakan hubungi Mason untuk informasi lebih lanjut.


Lembaga Pemerintah

Triawan Munaf Kepala Bekraf | Photo

Bagaimana sebenarnya bentuk dukungan pemerintah terhadap startup sosial? Temukan jawabannya dengan mendekati kementerian dan lembaga pemerintah berikut. Dapatkan kontak yang tepat, dan diskusi dengan mereka pasti bisa membantu perkembangan bisnis kamu di tanah air.

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF)

BEKRAF kini telah menghadirkan beberapa layanan untuk para founder, mulai dari pembinaan, akses ke pendanaan, jaringan yang luas, serta bantuan untuk mengurus paten. Beberapa contoh startupsosial yang telah mereka bantu adalah Panen.ID dan Sirtanio Organik. Temui Pak Fajar dan Ibu Hanifah untuk mengetahui lebih lanjut tentang program BEKRAF.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)

Bappenas merupakan lembaga pemerintah yang sangat terbuka dengan ide startup sosial, serta investasi untuk startup seperti itu. Tahun lalu, sang menteri yang memimpin Bappenas dilaporkan telah mendiskusikan konsep pembiayaan untuk para pebisnis di bidang sosial dengan Presiden.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Tahun lalu, Kementerian Koperasi dan UKM telah memetakan startupsosial di tanah air, dan bertemu dengan sekitar 240 founderstartup sosial di beberapa kota. Mereka berusaha memahami kebutuhan para founder tersebut, dan mengetahui apa yang bisa dilakukan Kementerian untuk membantu mereka.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Mereka memang tidak fokus dalam pengembangan startup sosial, namun saat ini Kemenristekdikti tengah aktif terlibat dalam membantu para founder melaluiberbagai cara, mulai dari memberikan bantuan dana hingga program inkubasi.


Perusahaan Swasta

Aplikasi Terbaik The NextDev 2016 | Foto

Berikut ini adalah beberapa perusahaan swasta yang berusaha membantu perkembangan ekosistem startup sosial lewat dana CSR mereka.

Boston Consulting Group (BCG)

BCG adalah salah satu organisasi terdepan dalam ekosistem startupsosial di tanah air. Mereka telah mempublikasikan sebuah riset tentang startup sosial serta membuat pusat informasi online tentang startupsosial yang bernama Platform Usaha Sosial (PLUS). Mereka juga memberikan layanan konsultasi pro-bono bagi para pelaku bisnis sosial. Silakan langsung berdiskusi dengan Ria dan Julius.

DBS

Mereka adalah salah satu pemain awal di bidang ini. Lewat yayasan mereka, Bank DBS telah memberikan beberapa dukungan terhadap startup sosial, mulai dari dukungan dana, memberi bantuan dana untuk kompetisi dan organisasi yang mendukung startup sosial, hingga menerbitkan informasi mengenai startup sosial.

Ernst & Young (EY)

Bersama dengan Schwab Foundation, EY Indonesia setiap tahunnya mengadakan acara pemberian penghargaan untuk founder startupsosial yang bernama EY Social Entrepreneur of The Year. Mereka adalah sumber informasi sekaligus salah satu pihak yang mendukung perkembangan startup sosial.

Telkomsel

Sejak tahun 2015, operator telekomunikasi terdepan di Indonesia ini telah mengadakan beberapa kompetisi startup tahunan. Yang terbaru adalah The NextDev 2018, yang turut mencari startup tanah air dengan misi sosial. Hubungi Dian untuk berkomunikasi dengan mereka.


Analis dan Organisasi Riset

Mereka adalah pihak yang membentuk konsep serta menganalisis tren startup sosial di Indonesia. Mereka membuat dokumentasi event, mengumpulkan data, melakukan wawancara dengan para pemain, serta menghasilkan laporan riset yang berharga.

Kamu bisa langsung membaca laporan-laporan mereka untuk mendapat wawasan yang luas tentang ekosistem startup sosial di tanah air. Atau kamu bisa juga langsung berdiskusi dengan mereka untuk mendapat informasi lebih lengkap.

Asian Venture Philanthropy Network (AVPN)

AVPN adalah jaringan filantropis (seperti investor, yayasan, kumpulan angel investor, perusahaan swasta), yang berasal dari Singapura. Mereka telah membuat beberapa laporan menarik tentang perkembangan startup sosial di Asia. Temuilah Syarif, perwakilan mereka di Indonesia.

Intellecap

Layanan konsultan asal India ini biasa membantu para startup sosial dan perusahaan swasta dalam menghadirkan solusi bisnis baru. Intellecap telah melakukan beberapa riset terkait bidang tersebut di Indonesia.

Palladium

Sebagai perussahaan konsultan, Palladium telah melakukan banyak proyek yang berkaitan dengan bisnis berdampak sosial di Asia Tenggara. Tim mereka yang berpengalaman bisa memberikan gambaran yang baik tentang perkembangan startup sosial di Indonesia. Hubungi Olivier untuk informasi lebih lanjut.


Universitas

Universitas memainkan peran yang unik sebagai tempat pengembangan riset dan inkubasi startup. Beberapa founder startuptanah air berasal dari universitas yang kami sebutkan di bawah ini. Jangan kaget apabila The Next Facebook akan muncul dari salah satu mahasiswa universitas tersebut.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Dikenal sebagai MIT dari Indonesia, ITB merupakan sumber talenta developer dan founder startup sosial. Mereka memiliki beberapa program menarik, seperti Social Enterprise for Economic Development (SEED) yang mengajarkan kemampuan manajemen dalam waktu dua minggu.

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus telah berkontribusi pada ekosistem startup tanah air dengan program Entrepreneurship Center mereka, yang mengubah teori-teori bisnis menjadi sesuatu yang bisa dipraktikkan. Bersama dengan Intitute of Creative Technology yang mereka miliki, Binus sering berhubungan dengan startup sosial di tanah air dengan cara membuat seminar dan workshop, serta mempublikasikan artikel akademis terkait bidang tersebut.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM telah menunjukkan komitmen mereka dengan mendirikan Creative Hub (C-Hub). C-Hub adalah co-working space yang dibuat oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yang berusaha mendorong munculnya generasi inovator baru yang fokus pada isu sosial. Mereka juga tuan rumah dari program ASEAN Young Socialpreneurs yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Universitas Indonesia (UI)

Sebagai universitas terdepan di Indonesia, UI telah menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung perkembangan startup sosial di tanah air. Baru-baru ini mereka berkolaborasi dengan DBS dalam membuat e-book terkait startup sosial, yang berjudul Berani Jadi Wirausaha Sosial?

Beberapa alumni mereka pun telah sukses menjadi founder beberapa startup sosial atau menjadi penggiat ekosistem startup di tanah air.


Media

Haus akan informasi? Atau ingin pendapat kamu didengar oleh ekosistem startup Indonesia? Kunjungilah media dan blog berikut yang akan membantumu berdiskusi tentang bisnis ini. Mayoritas media ini mempunyai situs dan newsletter, sehingga kamu bisa terus updatedengan informasi terkini.

Mereka juga terbuka untuk menerima ide cerita atau artikel dari kamu, yang nantinya akan dipublikasikan kepada ribuan pengguna mereka.

Berikut ini adalah beberapa media yang bisa kamu kunjungi:

DailySocial.id

Salah satu portal berita startup asal Indonesia. Mereka juga mempunyai beberapa artikel tentang startup sosial.

E27

E27 adalah platform media Asia Tenggara yang menghadirkan berita-berita terkini dari dunia startup. Beberapa ulasan mereka juga berkaitan dengan bidang startup sosial.

ImpactAlpha

ImpactAlpha adalah media internasional yang fokus pada berita investasi terhadap startup sosial, termasuk di Indonesia. Situs ini adalah media yang harus kamu kunjungi untuk mengetahui para startup dan investor yang mempunyai misi sosial dan aktif beroperasi di tanah air.

Tech in Asia

Tech in Asia adalah media startup di Asia Tenggara yang menampilkan informasi terkini terkait para startup dan investor. Meski tidak terlalu fokus pada startup sosial, namun beberapa artikel mereka turut menyinggung perkembangan bisnis tersebut.

The Jakarta Post

Surat kabar harian berbahasa Inggris di Indonesia yang meliput berbagai berita mulai dari bisnis, politik, travel, dan budaya. Mereka juga mempunyai beberapa artikel yang membahas tentang startupsosial.


Organisasi Sosial

Organisasi-organisasi ini memang didirikan dengan misi sosial. Beberapa inkubator, event, hingga startup telah mendapat bantuan dana dari organisasi semacam ini.

Asian Development Bank (ADB)

Sebagai bank regional, ADB mempunyai misi untuk mempromosikan pengembangan ekonomi dan sosial di Asia. Dalam beberapa tahun terakhir, ADB telah mendukung riset dan program-program yang berkaitan dengan startup sosial, investasi untuk startup tersebut, serta bisnis yang inklusif.

British Council

British Council adalah organisasi internasional dari Inggris yang bertujuan mengembangkan hubungan positif, baik dalam hal budaya maupun kesempatan pendidikan. Mereka telah berkontribusi terhadap bidang bisnis sosial di tanah air melalui riset, pembinaan, hingga mengadakan dialog terkait aturan pemerintah.

Baru-baru ini mereka bermitra dengan PLUS untuk mengadakan riset terkait startup sosial di Indonesia. Silakan menghubungi Ibu Ari.

HIVOS

HIVOS merupakan salah satu organisasi nirlaba yang menarik untuk diamati. Mereka telah membuat beberapa program inkubasi yang fokus pada founder perempuan dan industri kreatif, serta mengadakan workshop untuk memenuhi misi-misi mereka, antara lain:

  • Ketersediaan pangan
  • Energi terbarukan
  • Transparansi dan akuntabilitas
  • Kebebasan berpendapat
  • Hak dan keragaman seksual
  • Pengembangan perempuan

Hubungi Queentries untuk informasi lebih lanjut.

OXFAM

OXFAM telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk berkontribusi dalam hal pembinaan remaja, wanita, dan startup sosial. Jangan lupa untuk menghubungi Oskar saat kamu berada di Jakarta.

United Nations Development Program (UNDP) Indonesia

UNDP adalah salah satu organisasi yang paling aktif di tanah air. Mereka berhubungan dengan banyak pihak untuk mengembangkan ekosistem startup sosial, mulai dari pembinaan, hingga pembuatan laporan terkait model bisnis startup sosial. Silakan langsung menghubungi Jean dan Christophe.


Pemerintah Negara Asing

Amerika Serikat Hapus Posisi Koordinator Keamanan Siber di National Security Council

Hal ini tentu tidak mengejutkan bahwa kebanyakan dari dukungan mereka  terhadap startup sosial tidak lepas dari usaha diplomatis mereka di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa pemerintah asing yang paling aktif mendukung inisiatif sosial di tanah air.

Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat telah cukup sering memberikan dukungan yang kuat terhadap ekosistem startup teknologi dan sosial di tanah air. Di @amerika, kamu bisa mengikuti beragam event seperti acara Demo Day. Hubungi Sean dari kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Australia

Australia merupakan salah satu pemerintah asing yang paling aktif mendukung kesetaraan gender dan pengembangan startup sosial. Negara tetangga ini mempunyai beberapa program, seperti Investing in Women dan Frontier Innovator.

Kanada

Pemerintah Kanada juga turut mendukung pembuatan riset seputar startup sosial, pembuatan program bimbingan untuk founder startup sosial, serta telah merencanakan pembuatan dana investasi untuk startup sosial di bidang pertanian. Silakan menghubungi Genevieve yang tinggal di Jakarta.

Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan berusaha mendukung startup sosial di tanah air dengan beragam cara, mulai dari menjadi sponsor event dan beberapa program, hingga dukungan untuk founder startup yang ingin melebarkan pasar ke luar negeri.

(Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi oleh Aditya Hadi Pratama sesuai dengan standar editorial Tech in Asia Indonesia. Diedit oleh Septa Mellina)