News

5 Tips Membangun Usaha Sosial yang Gemilang



1. Percaya akan kemampuan diri.

Salah satu tantangan yang sering dijumpai dalam mengadopsi kewirausahaan sosial adalah bagaimana agar terus bertahan. Banyak usaha sosial yang menemui kegagalan akibat kurangnya infrastruktur dan pendanaan. Menurut Nidhi Singh, Koresponden www.entrepreneur.com, setidaknya ada lima tips bagaimana membangun usaha sosial yang gemilang.

2. Tidak harus selalu tentang ide yang digerakkan oleh tujuan

Betul, salah satu syarat yang dibutuhkan usaha sosial adalah ide yang digerakkan oleh tujuan, tetapi tidak mutlak demikian. Carilah hal yang benar-benar sesuai kapabilitas Anda dan bagaimana mewujudkannya.

3. Menyeimbangkan Tujuan dan Laba

Mencetak keuntungan yang besar memang baik bagi bisnis Anda tetapi bukan berarti itu menjadi satu-satunya tujuan. Ingat kembali itikad Anda menciptakan usaha sosial ini. Hubungan antara laba dan dampak sosial menjadi fondasi tujuan Anda.

4. Rekrut Orang-orang Bertalenta

Agar bisnis berjalan baik, Anda perlu merekrut orang-orang bertalenta tinggi dengan kemampuan yang mumpuni dan sejalan dengan Anda. Seperti yang dikatakan Lawrence Bossidy, mantan COO General Electric, “Tidak ada yang lebih penting daripada merekrut dan mengembangkan SDM. Karena pada akhirnya, Anda mempertaruhkan orang-orang, bukan strategi.”

5. Hasrat untuk Mewujudkan Keinginan

Syarat lain bagi kesuksesan usaha sosial adalah memiliki renjana dan hasrat yang tinggi untuk mewujudkan keinginan. Apabila Anda memiliki suatu ide, wujudkanlah. Louise Hay pernah berkata “Langit bukanlah batas, karena memang tidak ada batas!”

Semoga tips tadi membantu bisnis Anda berkembang dan mencapai dampak sosial yang lebih luas.

Oleh: Beby Karina