News

Bagaimana Menemukan Mitra yang Tepat bagi Usaha Sosial Anda



Ingin membangun bisnis bersama mitra? Mencari mitra memang susah-susah gampang. Mitra bisnis yang tepat akan melipatgandakan kemampuan bisnis Anda untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan. Sebaliknya, mendapatkan orang yang salah malah akan membuat bisnis Anda tenggelam. Sebelum memutuskan untuk mendirikan bisnis bersama mitra, ikuti tips penting berikut ini dari Joanne Shoneshine, pendiri Connective Impact.

  • Anda perlu benar-benar mengetahui tujuan dan sasaran bisnis. Sebelum mencari mitra, simak baik-baik pertanyaan ini: “mengapa?” Mengapa Anda ingin mencari mitra, mengapa Anda membangun bisnis ini, dan seterusnya. Kemudian, pilih tujuan Anda. Apa yang Anda inginkan agar usaha sosial ini terus berkembang.
  • Carilah mitra dengan visi yang sejalan. Setelah menetapkan arah dan tujuan, langkah berikutnya adalah memutuskan mitra atau calon mitra manakah yang memiliki tujuan serupa. Cobalah gali visi dan tujuan jangka pendek/panjang mereka. Pastikan bahwa Anda dan mitra memang ingin mencapai tujuan yang sama.
  • Perlu waktu untuk mengevaluasi efektivitas seorang mitra. Begitu kemitraan telah dibangun, Anda membutuhkan waktu untuk mengevaluasi kemitraan tersebut. Sesama mitra sebaiknya mengecek satu sama lain apakah mereka berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan. Jika berat sebelah, maka kemitraan ini kurang berjalan baik.