News

Bagaimana Menemukan Tujuan Hidup dan Memahami Diri Anda



“Pencarian tujuan dan makna benar-benar manusiawi; inilah yang menjadi pengikat umat manusia.” – Zach Mercurio

Pada 22 – 24 Januari, 2019, Instellar menggelar lokakarya Rise Inc.7 pertama bertema Impactful Leadership Workshop (Kepemimpinan yang Berdampak). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk kepemimpinan dalam tataran personal dan interpersonal. Sesi kepemimpinan personal dan organisasional akan mengupas potensi kepemimpinan kolektif sebagai alternatif dari kepemimpinan hierarkis yang biasa dijumpai.

Menjadi pemimpin yang digerakkan oleh tujuan, bagi banyak pemimpin organisasi, adalah suatu pendekatan baru. Ada satu riset dari Dan Ariely, Simon Sinek, Daniel Pink, Karl Weick yang menunjukkan bahwa apabila kita bisa menemukan tujuan dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi, kita akan memiliki salah satu faktor motivasi terkuat yang memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa dan bahkan menangani situasi yang paling menantang sekalipun. Inilah mengapa pada hari pertama lokakarya tersebut diisi dengan materi seputar Memahami Diri dan Tujuan Hidup oleh Ali Zaenal Abidin, salah satu pendiri I’m On My Way. Para peserta belajar bagaimana menemukan tujuan hidup dan menjalaninya secara konsisten. Menurut Ali, menjadi pemimpin yang digerakkan oleh tujuan tidak sama dengan pemimpin yang memiliki tujuan hidup. Tujuan bukan melulu tentang target penjualan atau uang melainkan tentang bagaimana melakukan apa yang Anda sukai sembari mengelola perusahaan dan karyawan Anda. Memiliki tujuan berarti memberikan kekuatan dan motivasi. Selain itu, kemampuan menangani situasi genting merupakan kualitas utama seorang pemimpin.

Ali Zaenal Abidin berbagi juga tentang bagaimana menemukan tujuan hidup Anda:

  • Memastikan bahwa kita memahami dan bisa membedakan antara tujuan dan tujuan hidup.
  • Mencapai kejelasan agar tetap menjalankan apa yang Anda sukai.
  • Dan, pada gilirannya, menemukan tujuan kita.

Pada sesi berikutnya, kami juga mengundang alumni Rise Inc. dari Tanijoy beserta dua pendiri usaha rintisan lain, yakni MyClinicalPro dan TemanDokter untuk berbagi tentang Perjuangan Diri dalam Menemukan Tujuan.

Pada hari kedua, Nuniek Tirta sebagai Trainer MBTI bersertifikat, mengisi sesi berbagi mengenai Pengantar MBTI. MBTI merupakan indikator tipe kepribadian Myers-Briggs; yang saat ini paling banyak digunakan di seluruh dunia. Informasi dari uji kepribadian dapat membantu orang-orang memahami kekuatan, kelemahan, dan bagaimana mereka memandang dan memproses informasi. Dia juga mengajarkan peserta bagaimana memahami konflik internal atau eksternal dengan orang lain akibat adanya perbedaan pandangan dalam memahami sesuatu atau masalah.

Setelah makan siang, para peserta mengikuti sesi dinamika kelompok. Kegiatan ini bertujuan untuk mengamati gaya interaksi sosial masing-masing.

Pada sesi terakhir, Dewi Meisari sebagai pendiri UKM Indonesia berbagi tentang “Memahami Usaha Sosial”. Dia juga memaparkan tentang berbagai jenis dan kriteria usaha sosial serta bagaimana kita membangun model bisnis usaha sosial.