News

Remake City Jakarta: Program Akselerasi Akses Pendanaan bagi Usaha Rintisan



Ekosistem usaha rintisan di Indonesia telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini. Namun, perkembangan tersebut tidak terlepas dari berbagai tantangan yang harus dihadapi pendiri rintisan, salah satunya adalah minimnya akses pendanaan. Banyak cara telah dicoba oleh banyak usaha rintisan di Indonesia untuk memperoleh pendanaan, di antaranya melalui investor, kompetisi, atau berpartisipasi dalam program akselerasi.

Keberadaan program akselerasi telah menjadi faktor pendorong dalam perkembangan ekosistem usaha rintisan. Remake City Jakarta, sebagai salah satu program akselerasi yang berfokus pada solusi persoalan sosial melalui bisnis yang inovatif, menjadi sebuah solusi dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Tujuan utama program ini adalah mendukung usaha sosial dengan potensi pertumbuhan dan semangat wirausaha yang tinggi serta menghubungkannya dengan impact investor. Program ini merupakan inisiatif dari Crevisse Partners, impact investor dari Kore Selatan yang mendukung pertumbuhan ekosistem usaha sosial di Asia melalui program Remake City di tiga negara yaitu Korea Selatan, Indonesia, dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, Crevisse Partners bekerja sama dengan Instellar untuk menyelenggarakan Remake City Jakarta.

Empat bulan setelah program akselerasi Remake City Jakarta diselenggarakan, Instellar mengadakan Demo Day untuk memperkenalkan empat usaha rintisan yang digerakkan oleh dampak antara lain Eragano, Gandengtangan.org, Kostoom, dan WeCare.id. Empat usaha rintisan berdampak sosial ini telah mengikuti berbagai lokakarya dan sesi pelatihan bersama mentor dan konsultan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Berkat arahan yang diberikan selama program tersebut, keempat peserta Remake City Jakarta gelombang kedua benar-benar siap mengembangkan lebih jauh bisnis mereka dan memperoleh investasi. Eragano merupakan platform keuangan terintegrasi dan marketplace bagi petani kecil. Gandengtangan.org membantu usaha mikro yang tidak memiliki akses perbankan melalui platform pinjaman peer-to-peer. Kostoom menghubungkan konsumen dan bisnis fesyen dengan penjahit rumahan melalui platform yang terintegrasi. Sedangkan WeCare.id merupakan platform galang dana bagi pasien tidak mampu yang sangat memerlukan bantuan medis.

Remake City Jakarta merupakan program akselerasi global yang berfokus pada solusi persoalan sosial melalui sarana bisnis yang inovatif. Salah satu tahapan penting dalam program Remake City Jakarta adalah Demo Day di mana keempat usaha sosial mepresentasikan bisnis dan misi/dampak sosial mereka kepada khalayak umum, investor, pendukung ekosistem kewirausahaan sosial dan media massa. Selain itu, Demo Day juga memperluas semangat kolaborasi dan inovasi teknologi demi tercapainya SDG (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) melalui diskusi interaktif.

“Remake City Jakarta 2018 telah menjadi perjalanan penting untuk menemukan dan mengakselerasi usaha rintisan berdampak social. Kami ingin setiap usaha rintisan untuk mendobrak batas agar bias bertumbuh di pasar arus utama dan mengejar bisnis fundamental dan inovasi teknologi. Kami merasa bangga memperkenalkan tim selama Demo Day dan melihat potensi mereka menciptakan dampak yang lebih luas di Indonesia,” papar Wonyoung Kim, Direktur Eksekutif Crevisse Partners.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Direktur Eksekutif Crevisse Partners, Wonyoung Kim, dan CEO Instellear, Romy Cahyadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel oleh Stella Tambunan (Direktur YCAB Ventures), Regi Wahyu (CEO HARA), Dickie Widjaja (CIO Investree), dan dimoderasi oleh Dian Wulandari (COO Instellar). Diskusi menekankan pentingnya inovasi teknologi yang dapat dilakukan berbagai pihak untuk mencapai SDGs.

Romy Cahyadi, CEO Instellar, menjelaskan “Remake City Jakarta merupakan sebuah inisiatif untuk memberdayakan upaya generasi muda dalam menggunakan teknologi demi penciptaan perubahan social yang positif. Teknologi ini diterapkan pada model bisnis berkelanjutan untuk menjamin solusi jangka panjang. Instellar sebagai mitra implementasi berharap bahwa program ini bisa mendorong lebih banyak lagi upaya serupa dari generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan social melalui teknologi digital.”

Remake City Jakarta Demo Day diselenggarakan oleh Instellar dan UnLtd Indonesia, serta berkolaborasi dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA), Crevisse Partners, and Merry Year Social company (MYSC), pada Jumat, 23 November 2018 di Greenhouse Coworking Space and Office, Jakarta. Setelah sukses menyelenggarakan program akselerasi Remake City Jakarta, diharapkan keempat usaha sosial tersebut Eragano, Gandengtangan.org, Kostoom, dan WeCare.id mampu mengembangkan bisnis mereka lebih jauh lagi dan dikenal oleh masyarakat luas.

Senin, 26 November 2018