News

Workshop Memahami Pendanaan yang Tepat bagi Usaha Sosial



Pada 27 – 28 November 2018, Instellar mengadakan lokakarya (workshop) Rise Inc. 6 terakhir bertemakan “Memahami Pendanaan yang Tepat bagi Usaha Sosial” (Understanding The Right Funding for Social Enterprise).

Mencari pemberi dana yang tepat dan mencetak pendanaan baru bisa menjadi sesuatu yang sangat menantang, menghabiskan waktu dan rumit.

Menurut Amy Millman, presiden Springboard Enterprises, suatu perusahaan akselerator bagi beragam bisnis yang dikelola perempuan dalam bidang teknologi, media, dan ilmu hayati, “Anda perlu menyodorkan kasus bisnis yang meyakinkan (investor) sehingga mereka tidak saja percaya bahwa perusahaan Anda akan mencetak keuntungan yang besar bagi investasi mereka tetapi juga percaya bahwa Anda memiliki kemampuan mewujudkan visi tersebut,”

Workshop Memahami Pendanaan yang Tepat bagi Usaha Sosial memaparkan suatu tinjauan mengenai sumber-sumber pendanaan bagi usaha sosial yang baru tercipta dan sedang berkembang, beragam jenis pemberi dana yang dibutuhkan, apa yang perlu dipersiapkan untuk meningkatkan peluang memperoleh pendanaan, dan cara bagaimana mempresentasikan bisnis secara efektif kepada pemberi dana potensial untuk memberikan suatu keyakinan bahwa mereka bisa menggalang pendanaan pada waktu yang tepat.

Pada workshop terakhir, kami mengundang 3 fasilitator yang menjelaskan kepada para peserta bagaimana membuat presentasi yang efektif.

Sesi Rencana Bisnis dan Pendanaan yang Tepat difasilitasi oleh Adisti M. Chanda, Kepala Manajemen Konsultan di Empassion. Sesi ini membantu peserta mengkaji ulang rencana bissnis mereka dan menjelaskan juga tentang beragam jenis pendanaan.

Kemudian ada Bayu Asmara, Konsultan Pemasaran dan Strategi Branding, yang memaparkan bagaimana membuat presentasi yang tepat guna untuk mengundang investor.

Dan pada sesi terakhir ada Yosanova Savitry, Principal MarkPlus, Inc. sebagai pembicara topic Kemampuan Presentasi Efektif. Dia menjelaskan tentang bagaimana menempatkan diri sebagai penymak dan memperhatikan hal-hal detail dalam penyampaian presentasi.

Setelah tiga sesi ini, para peserta melakukan presentasi dan dinilai oleh tiga fasilitator tersebut. Mereka memperoleh banyak masukan dan saran mengenai kinerja presentasi singkat (pitch deck) sehingga dapat membuat presentasi yang lebih meyakinkan lagi.

Berikut ini beberapa tips membuat presentasi singkat yang jitu:

  • Jangan menjelaskan tentang teknologi Anda slide demi slide.
  • Hindari pernyataan klise seperti “Jika kami mendapatkan satu persen pangsa pasar, maka bisnis ini akan berhasil” atau “Kami akan menjadi pelopor bidang ini”.
  • Aturan 10/20/30 berlaku bagi segala aspek presentasi sebagai seorang wirausaha, mulai dari penjualan, menjalin kemitraan, merekrut karyawan atau meyakinkan pemasok.
  • Ingat, bagi seorang wirausaha, “Hidup adalah tentang menjual!”

Sumber: https://www.marsdd.com/mars-library/how-to-create-a-pitch-deck-for-investors/

Kesimpulan: Anda perlu memastikan bahwa konteks yang dibuat memang meyakinkan, menarik, dan menyasar topik yang benar-benar ingin dilihat oleh investor.

Oleh: Beby Karina. Sabtu, 8 Des 208