Botanina



5


https://botanina.com/


Share Contact



Didirikan tahun 2014, co-owner: Agustina Ciptarahayu & Olva Patriani. Misi menjadikan produk alami
berbasis essential oil dapat diakses masyarakat lebih luas.

Impact

  • Problem: tingkat polusi di dalam rumah 2-5x daripada luar ruangan, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap produk toksik, rendahnya kepercayaan terhadap produk lokal dan natural, produk di pasaran tergolong mahal. Solusi: produk alami organik berbahan lokal/impor siap pakai dengan harga terjangkau, disertai luasnya strategi pemasaran dan edukasi terutama ibu dan anak.
  • Indikator dampak: jumlah rumah memakai produk perawatan rumah’kesehatan yang alami, jumlah individu bisa mempraktekkan DIY Homecare, penguatan ibu, penghematan pengeluaran rumah tangga, menurunnya tingkat polusi dalam ruangan
  • Indikator bisnis: pertumbuhan penjualan, ekspansi wilayah pemasaran, rasio profitabilitas, kolaborasi, legalitas usaha, produktivitas pegawai

Costumer & Market Size

  • Profil target market: wanita lajang maupun sudah berkeluarga dari kalangan menengah, aktif di sosial media, sadar hidup sehat, menjalani hidup seimbang, aktif berkumpul & pemberdayaan diri
  • Market size: umumnya berpusat di kota-kota besar, namun seiring peningkatan strategi pemasaran/operasional kami (terutama online), basis data mencakup Sabang-Merauke

Business Model & Revenue

  • Business Model : Sumber pendapatan dari penjualan produk (online & offline, B2C & B2B, ritel & toko), bundling, workshop. Program khusus: Refill & Program Bumi Cantik.

Competitor & Value Proposition

  • Competitor : Produsen produk homecare & skincare organik), baik lokal (Beauty Barn, SAE Remedy, Peek Me Naturals, Indoganic, dll) maupun impor, serta produsen produk di supermarket.
  • Focus on family care & home care (kategori produk Health, Lifestyle, Household Cleaner), range usia pengguna produk lebih luas, praktis siap dipakai, integrasi strategi bisnis dari tahap pencarian informasi sampai pembuangan produk (after sales), kolaborasi produk/marketing dengan merek lain, jasa konsultasi dan kustomisasi, workshop.

Selected Partners & Clients

  • Vendor bahan baku dan kemasan, komunitas bisnis dan produsen sehat/organic (Komunitas Organik Indonesia, Indonesia Natural Skincare Society, dll), komunitas ibu dan anak, sekolah, dan social enterprise (AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, sekolah alternative, Pustakalana Library, Birth Club – The Urban Mama, Posyandu), freelance (fotografer, desainer, illustrator), serta produsen/merek lain (Kandura Studio, Bumi Putih, Hotel Selaras, Café Kiputih, Ikea Online Bandung), dan IT Support.

Team

  • Production, R&D, sales, marketing, warehouse & shipping, finance, social program

Gallery

Simillar to Botanina
Card image cap
Timba

Community maker space

Card image cap
Crowde

Crowdfunding platfrom